Kereta Cepat Whoosh Berhenti Tiba-Tiba 20 Menit, KCIC Ungkap Alasannya: Okezone Economy

Berita187 Dilihat

JAKARTAKereta cepat Whoosh berhenti tiba-tiba selama 20 menit. PT Kereta Api Indonesia Cina (KCIC) meminta maaf karena jadwal pemberangkatan pukul 13.00 WIB dari Stasiun Halim dan Tegalluar mengalami keterlambatan.

Sekretaris Perusahaan PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, penundaan tersebut karena pihaknya harus berusaha mengamankan jalur yang digunakan kereta ekspres tersebut karena ada masyarakat yang memanjat tembok penghalang suara di KM 103, Desa Cempaka Mekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Kereta Cepat Whoosh nomor G1125 berhenti jalur Halim – Tegalluar pukul 10.45 di KM 105 setelah pengemudi mendapat informasi ada orang tak dikenal yang memanjat dinding penghalang suara di KM 103 Desa Cempaka Mekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, katanya. ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/10/2023).

Eva mengatakan, setelah berkoordinasi dengan petugas keamanan dan pihak berwajib, dalam hal ini Polsek Padalarang, orang tersebut berhasil dievakuasi untuk mengamankan orang tersebut dan penumpang kereta. Setelah aman, Kereta Cepat Whoosh berangkat kembali pukul 10.49 menuju Tegalluar.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mendapatkan informasi lebih lanjut, KCIC telah menyerahkan orang tersebut ke polisi.

“Diduga orang tersebut mengalami gangguan jiwa dan diduga mencoba bunuh diri,” ujarnya.

Selain itu, kata Eva, untuk menyelidiki lebih dekat lokasi kejadian, petugas mematikan jaringan listrik di atas untuk melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap keselamatan penumpang dan perjalanan Kereta Cepat Whoosh. bahwa KA Whoosh akan berangkat dengan jadwal keberangkatan pukul 13.00 WIB untuk sambungan Halim – Tegall Luar. dan Tegalluar – Halim sempat tertunda sekitar 20 menit pada pukul

Dari segi keamanan jalur, KCIC telah memasang pagar pengaman dengan kawat berduri pada jalur kereta kecepatan tinggi untuk mencegah benda asing atau orang asing memasuki area jalur kereta.

Baca Juga  Apakah rating mempengaruhi pesanan Maxim? : Okezone Ekonomi

Okezone News melanjutkan berita Google


KCIC juga memasang beberapa sensor dan CCTV untuk memantau kondisi jalur kereta ekspres. Seluruh petugas juga rutin melakukan patroli lapangan bekerjasama dengan TNI Polri untuk pengamanan dan sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan secara berkala.

Sistem keamanan berlapis juga tersedia pada fasilitas Kereta Cepat Whoosh yang dilengkapi dua rem darurat. Pertama, Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah pengontrol pengemudi, fasilitas rem darurat penumpang, dan kontrol peringatan pengemudi.

Rem darurat kedua disebut UB Emergency Brake yang aktif berdasarkan fungsi Automatic Train Protection (ATP), mendeteksi jarak kereta dengan benda asing dan pada saat listrik kereta mati/tidak berfungsi.

Dengan dua sistem pengereman darurat ini, kereta Whoosh menawarkan peningkatan tingkat keamanan untuk melindungi perjalanan kereta api jika terjadi situasi yang dianggap berbahaya, termasuk jika terjadi kesalahan sistem atau kesalahan manusia.

“KCIC meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan akan melakukan asesmen untuk meningkatkan keselamatan jalan serta turun ke masyarakat dan berkoordinasi dengan dinas setempat untuk mencegah kejadian serupa terjadi lagi,” ujarnya.

Berdasarkan video yang diunggah @infobdgbaratcimahi, terlihat seorang pria berjalan di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Saya mendapat laporan dari warga bahwa ada seorang pria yang hendak terjun dari jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di kawasan Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (23/10/23) pukul 12.37 WIB,” tulis keterangannya. , diumumkan pada Senin (23/10/2023).

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *